Kamis, 26 Oktober 2017

Review Game Naruto Ultimate Ninja Storm 4

Sumber :https://id.techinasia.com/review-naruto-shippuden-ultimate-ninja-storm-4

Naruto, sebuah seri manga bertema ninja yang sudah mendunia karya Masashi Kishimoto, kembali lagi diadaptasi menjadi game fighting dengan grafis 3D cel-shading indah dan untuk pertama kalinya dirilis di console generasi kini (PS4 dan Xbox One).

Cerita yang Familier, namun Dikemas Lebih Menarik

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 menghadirkan beberapa mode yang bisa kamu mainkan, mulai dari Story Mode sampai Free Battle yang pastinya akan sangat sering kamu mainkan bersama teman-temanmu. Untuk bagian Story Mode, kamu akan disajikan dengan suguhan cerita dalam seri Naruto di bagian bab akhir, lebih tepatnya di akhir Fourth Shinobi World War saat Naruto dan kawan-kawan berhadapan dengan Obito dan Madara.

Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 | Sasuke
Untuk urusan cerita, kamu tetap akan menikmati cerita yang sama dari seri manga/anime Naruto (dan Naruto Shippuden), namun tentunya dengan pengurangan beberapa detail kecil di sana-sini yang entah mengapa membuat saya jauh lebih menikmati cerita yang ada. Untuk yang tidak mengikuti cerita Naruto, pastinya kamu akan kebingungan dengan cerita yang ada. Itu bisa dibilang wajar karena saya rasa game ini didesain seratus persen untuk penggemar seri Naruto.
Cerita dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 digambarkan dalam bentuk cutscene yang panjang. Maksud saya panjang adalah berdurasi 7-30 menit per bab. Cutscene yang panjang ini sayangnya tidak semuanya bisa dinikmati dengan menyenangkan. Ini dikarenakan sebagian besar cutscene yang diperlihatkan berbentuk potongan gambar diam dari episode anime Naruto Shippuden yang ditemani suara para karakter dan sedikit efek visual.
Namun setelah gambar diam tersebut selesai, adegan juga kadang berubah menjadi sebuah cutscene dengan menggunakan grafis 3D in-game yang terlihat jauh lebih menyenangkan untuk dilihat. Hal ini juga semakin bisa dilihat begitu kamu menyentuh bab akhir di Story Mode. Andaikan CyberConnect 2 memutuskan mengubah seluruh cutscene menggunakan grafis 3D in-game, rasanya Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 bisa memberikan pengalaman Naruto yang jauh lebih membekas.
Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 | Screenshot 3

Banyak Fitur, Terlalu Sederhana

Karena Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 adalah sebuah game fighting, tentunya pertarungan antar ninja menjadi hal utama yang akan kamu temukan dalam game ini. Gameplay yang dihadirkan Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 bisa dibilang sangat sederhana, bahkan mungkin masuk kategori game fighting kasual. Saya jamin orang tanpa pengalaman memainkan game fighting sama sekali juga mampu bermain dengan mudah.
Kombinasi serangan yang bisa kamu lakukan dalam pertarungan, sekali lagi saya sebutkan, sangat sederhana. Serangan kombinasi dengan animasi dan efek yang luar biasa bisa diluncurkan dengan cukup menekan tombol lingkaran saja. Untuk melancarkan jutsu, kamu cukup menekan dua kombinasi tombol secara berurutan dan kamu akan melihat animasi serangan super keren dari karakter favoritmu.
Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 | Screenshot 4
Tentunya, gameplay fighting yang disajikan tidak sepenuhnya tanpa ada kedalaman. Kamu bisa menggunakan berbagai taktik mulai dari menggunakan Kawarimi no Jutsu untuk menghindar dan melakukan serangan balik atau menggunakan battle item yang bisa dikeluarkan saat pertempuran berlangsung. Selain itu, ada juga sistem dalam permainan seperti Armor Break dan juga Awakening Mode yang mampu mengubah laju permainan. Yang jelas, kamu tidak perlu usaha besar untuk menjadi jago dalam game ini.
Untuk pertama kalinya juga dalam seri Ultimate Ninja Storm, kamu bisa bertarung secara tim dan kamu bisa bertukar karakter saat pertarungan berlangsung. Pilihan karakter dalam timmu tepat dan kondisi yang dibutuhkan sudah terpenuhi, maka kamu juga bisa melancarkan jutsu kombinasi yang mematikan bersama anggota timmu.
Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 | Naruto
Meski terdengar memiliki cukup banyak fitur, gameplay yang dihadirkan Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 tetaplah terlalu sederhana. Bagi kamu yang gemar bermain game fighting, rasanya Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 mungkin malah akan terasa sama sekali tidak menarik karena tidak memberikan tantangan untuk menciptakan sendiri jalinan serangan combo yang mematikan.
Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 | Screenshot 6

QTE Fest

Seperti seri Ultimate Ninja Storm sebelumnya, Story Mode dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 menghadirkan beberapa adegan pertarungan dengan quick time event (QTE). Jika kamu pernah memainkan Asura’s Wrath (yang juga garapan CyberConnect 2), maka kamu seharusnya sudah sangat familier dengan apa yang disuguhkan dalam Story Mode.
Gambar tombol akan muncul di layar, dan kamu harus menekan tombol yang terlihat secepat mungkin demi mendapatkan bintang yang nantinya akan mempengaruhi peringkat akhir yang kamu terima. QTE dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 tidak hanya terasa sebagai bagian gameplay semata saja, tapi juga terasa sebagai pembawa suasana yang baik.
Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 | Screenshot 7
Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 | Cut 1
Adegan ketika Naruto dan kawan-kawannya menggunakan berbagai jutsu terasa semakin intens karena kita yang tengah bermain serasa ikut melakukan jutsu yang mereka luncurkan. Entah menekan satu tombol berkali-kali atau memutar-mutar analog hingga joystick milikmu rusak adalah sebuah hal yang memuaskan dalam game ini.
Story Mode tidak hanya menghadirkan gameplay fighting saja di tengah-tengah suguhan ceritanya. Di beberapa kesempatan, kamu akan merasa bahwa Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 berubah menjadi game action atau bahkan menjadi game runner mini. Ya, seperti saya bilang sebelumnya, game ini akan mengingatkan kamu dengan Asura’s Wrath yang dipenuhi berbagai mini-game.
Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 | Screenshot 8

Anime Interaktif

Visual adalah faktor kunci dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 yang paling sering menarik perhatianmu. CyberConnect 2 berhasil membuat sebuah suguhan visual 3D cel-shading yang sangat indah dengan efek visual memukau dan sekaligus menghadirkan palet warna yang kontras. Kualitas yang dihadirkan terasa layaknya kamu tengah menikmati sebuah anime interaktif dengan penggambaran yang heboh dan lebay.
Pengarahan cutscene 3D juga patut diacungi jempol. Emosi dari karakter digambarkan dengan sangat baik berkat animasi ekspresi wajah yang cukup detail untuk ukuran grafis cel-shading. Animasi dari berbagai jutsu juga terlihat sangat luar biasa dengan ledakan yang berwarna-warni hingga momen-momen ekspresif yang bisa membuat siapapun berdecak kagum.
Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 | Screenshot 9

Minim Konten

Presentasi yang dihadirkan Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 memang sesuatu yang luar biasa, namun nampaknya hanya hal itu saja yang benar-benar ditonjolkan oleh para developernya. Beberapa bagian di dalam pertarungan kadang terasa kurang diseimbangkan dengan baik karena beberapa karakter terasa jauh lebih kuat dibanding yang lain. Tapi hal itu tentunya masih masuk akal karena karakter yang ada diambil karakteristiknya sesuai yang ada dalam seri manga/anime.
Hal lainnya yang mengganjal di pikiran saya adalah betapa sedikitnya variasi konten yang dihadirkan dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4. Story Mode bisa dengan sangat cepat diselesaikan dan Adventure Mode yang disediakan sama sekali tidak memberikan sesuatu yang bernilai lebih. Bahkan Adventure Mode yang disediakan terasa seperti filler anime Naruto yang terpaksa kamu tonton karena episode baru masih belum ada.
Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 | Cut 2
Adventure Mode dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 bisa dibilang hanya sebuah RPG mini dengan kumpulan quest yang tidak terlalu menarik di dalamnya dan terasa sangat repetitif. Kamu masih menemukan pertarungan dalam Adventure Mode, namun tidak ada yang benar-benar spesial di dalamnya kecuali adanya modifier dalam pertarungan. Imbalan yang kamu terima juga tidak lebih dari bahan-bahan untuk ditukar menjadi item baru atau adegan flashback yang tidak terlalu menarik.
Masih ada Online Battle Mode dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4, namun sayangnya hal ini tidak menambah variasi permainan dalam game tersebut. Memang adanya leaderboard bisa membuat sebagian orang bersemangat untuk menjadi yang terbaik, tapi di luar itu, pengalaman yang diberikan tidak terlalu berkesan. Saya rasa cara terbaik untuk menikmati game ini adalah dengan memainkannya bersama temanmu secara lokal saja.
Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 | Screenshot 5

Kesimpulan

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 memang sebuah game yang saya rasa mampu memanjakan penggemar seri Naruto dengan presentasi visualnya yang sangat indah, animasi super keren, serta penuturan ceritanya yang lebih nyaman. Meski demikian, konten yang sedikit serta gameplay yang terlalu mudah mungkin akan membuat gamer yang bukan penggemar Naruto tidak tertarik untuk mencobanya.

1 komentar: